Selasa, 30 April 2024

Pekan Imunisasi Nasional Polio Guna Mencegah Penularan Virus Polio di Desa Kejawang

Pekan Imunisasi Nasional Polio Guna Mencegah Penularan Virus Polio di Desa Kejawang

Kejawang, virus Polio adalah virus yang termasuk dalam golongan Human Enterovirus yang bereplikasi di usus dan dikeluarkan melalui tinja. Virus Polio terdiri dari 3 strain yaitu strain-1 (Brunhilde), strain-2 (Lansig), dan strain-3 (Leon), termasuk family Picornaviridae. Penyakit ini dapat menyebabkan kelumpuhan dengan kerusakan motor neuron pada cornu anterior dari sumsum tulang belakang akibat infeksi virus. Polio dapat menyerang pada usia berapa pun, tetapi polio terutama menyerang anak-anak di bawah usia lima tahun.

Kebanyakan orang terinfeksi (90%) tidak memiliki gejala atau gejala yang sangat ringan dan biasanya tidak dikenali. Pada kondisi lain, gejala awal yaitu demam, kelelahan, sakit kepala, muntah, kekakuan di leher dan nyeri di tungkai. Polio menyebar melalui kontak orang ke orang. Ketika seorang anak terinfeksi virus polio liar, virus masuk ke dalam tubuh melalui mulut dan berkembang biak di usus. Ini kemudian dibuang ke lingkungan melalui feses di mana dapat menyebar dengan cepat melalui komunitas, terutama dalam situasi kebersihan dan sanitasi yang buruk.

Penyakit Polio sangat berbahaya bagi anak karena menyebabkan kelumpuhan dan tidak ada obatnya, virus tidak akan rentan menginfeksi dan mati bila seorang anak mendapatkan imunisasi lengkap terhadap polio dan imunisasi rutin. Pencegahan juga dilakukan dengan melakukan perilaku hidup bersih dan sehat seperti BAB di jamban yang sesuai standar, cuci tangan pakai sabun dan menggunakan air matang untuk makan dan minum.

Dalam upaya mencegah dan melindungi anak usi 0 – 7 Tahun dari virus polio, Puskesmas Sruweng mengadakan Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio. Desa Kejawang mendapat jadwal pada hari Kamis, tanggal 18 Januari 2024 mulai Jam 08.00 WIB s.d. 11.00 WIB, bertempat di Balai Desa Kejawang.

Hadir dalam kegiatan ini petugas dari Puskesmas Sruweng, Bidan Desa dibantu kader kesehatan desa kejawang, kepala desa kejawang, juga turut hadir Babinsa Desa Kejawang (Sertu Andi). Dalam kesempatan ini kepala desa kejawang menyampaikan “pentingnya imunisasi polio ini guna meningkatkan kekebalan tubuh anak, untuk mengurangi resiko penularan virus polio, dan meminimalisir munculnya kasus penyakit polio, khususnya di desa kejawang”.

Tercatat Sebanyak 208 anak rentan usia 0 – 7 Tahun hingga usia kurang dari 8 Tahun di Desa Kejawang telah mendapat imunisasi polio yang terdiri dari :

1. Rentan Usia 0 - 29 bulan :

    Laki-laki : 76 anak

    Perempuan : 47 anak

2. Rentan Usia 5 - 7 Tahun

    Laki-laki : 29 anak

    Perempuan : 27 anak

3. Rentan Usia 7 Tahun lebih

    Laki-laki : 12 anak

    Perempuan : 17 anak

Meskipun dalam keadaan cuaca hujan, masyarakat sangat antusias mengikuti kegiatan ini. 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Kebumen Terkini

Silaturahmi dengan PPDI, Bupati Minta Perkuat Sinergitas
Bupati Kebumen Hibahkan Eks Gedung SD untuk Pemerintah Desa Sawangan
Bupati Resmikan Pantai Heppii, Wisata Rakyat, Nyaman, Murah Meriah
Bupati Minta Promosi Geopark Kebumen di Gencarkan
Pemkab Kebumen Raih Penghargaan literasi Nasional dari Nyalanesia

Arsip Berita

Data Desa

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2