Selasa, 30 April 2024

Ayo Ketahui Tumbuh Kembang Anak di POSYANDU !

Ayo Ketahui Tumbuh Kembang Anak di POSYANDU !

KEJAWANG, Pos Pelayanaan Terpadu (POSYANDU) merupakan pelayanan kepada balita dan anak untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan balita dan anak. Kegiatan ini untuk memberikan layanan kesehatan anak, imunisasi, dan penyuluhan tentang kesehatan.

Kegiatan POSYANDU yang bertempat di Balai Desa Kejawang diadakan rutin pada hari Rabu Pertama setiap bulannya. Kegiatan ini diadakan oleh Kader Kesehatan Desa yang bekerjasama dengan PUSKESMAS Sruweng melalui Bidan Desa Kejawang. Warga Desa Kejawang cukup antusias mengikuti kegiatan ini yang dimulai pukul 09.00 WIB sampai dengan selesai.

Kegiatan ini berguna untuk mengetahui pertumbuhan dan mendeteksi sedini mungkin penyimpangan pertumbuhan balita. Dengan melihat tumbuh kembang balita yang dicatat di Buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), dari data tersebut dapat diketahui status pertumbuhan balita, kegitan ini juga untuk mencegah bayi yang mengalami stunting. Imunisasi tenaga medis dari Pusksmas Sruweng selalu siap memberikan pelayanan terkait imunisasi untuk balita yang sudah terjadwal secara rutin, berkelanjutan dan tercatat di Buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA). Macam imunisasi yang diberikan di posyandu adalah :

  1. BCG untuk mencegah penyakit TBC.
  2. DPT untuk mencegah penyakit difteri, pertusis, tetanus.
  3. Polio untuk mencegah penyakit kelumpuhan.
  4. Hepatitis B untuk mencegah penyakit hepatitis B
  5. PCV untuk mencegah penyakit meningitis

Harapannya dengan kegiatan posyandu ini akan meningkatkan kualitas kesehatan balita dan anak yang ada di desa Kejawang, sehingga akan melahirkan generasi penerus yang sehat, dan cerdas.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Kebumen Terkini

Puluhan Ribu Warga Padati Alun-alun Pancasila, Nobar Timnas U-23 vs Uzbekistan
Silaturahmi dengan PPDI, Bupati Minta Perkuat Sinergitas
Bupati Kebumen Hibahkan Eks Gedung SD untuk Pemerintah Desa Sawangan
Bupati Resmikan Pantai Heppii, Wisata Rakyat, Nyaman, Murah Meriah
Bupati Minta Promosi Geopark Kebumen di Gencarkan

Arsip Berita

Data Desa

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2