Selasa, 30 April 2024

AYO KE POSBINDU DESA KEJAWANG !

AYO KE POSBINDU DESA KEJAWANG !

KEJAWANG, Pos Binaan Terpadu (POSBINDU) adalah kegiatan monitoring dan deteksi dini faktor resiko Penyakit Tidak Menular (PTM) terintegrasi (Penyakit jantung dan pembuluh darah, diabetes, penyakit paru obstruktif akut dan kanker) serta gangguan akibat kecelakaan dan tindakan kekerasan dalam rumah tangga yang dikelola oleh masyarakat melalui pembinaan terpadu.

Kegiatan POSBINDU yang bertempat di Balai Desa Kejawang diadakan rutin pada hari Sabtu kedua setiap bulannya. Kegiatan ini diadakan oleh Kader Kesehatan Desa yang bekerjasama dengan PUSKESMAS Sruweng melalui Bidan Desa Kejawang. Warga Desa Kejawang cukup antusias mengikuti kegiatan ini yang dimulai pukul 06.30 WIB dengan diisi kegiatan diantaranya :

1.    Senam sehat bersma

2.    Pemeriksaan kesehatan, meliputi :

a.    Pemeriksaan tensi darah

b.    Pemeriksaan gula darah

c.    Pemeriksaan kolesterol

d.    Pemeriksaan asam urat

e.    Pengukuran tinggi badan

f.     Pengukuran berat badan dan

g.    Pengukuran lingkar perut

Sasaran kegiatan ini adalah masyarakat Desa Kejawang usia 15 Tahun keatas baik itu dengan kondisi sehat, masyarakat beresiko maupun masyarakat dengan kasus Penyakit Tidak Menular (PTM), yang bertujuan untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penemuan dini faktor risiko PTM, juga bertujuan untuk mengontrol dan menjaga kesehatan masyarakat secara optimal baik dengan upaya preventif seperti penyuluhan dan kuratif melalui sistem rujukan Posbindu PTM ke Puskesmas. Harapannya masyarakat selalu mengontrol kesehatan tidak hanya di posyandu, tetapi juga melalu POSBINDU.

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Kebumen Terkini

Silaturahmi dengan PPDI, Bupati Minta Perkuat Sinergitas
Bupati Kebumen Hibahkan Eks Gedung SD untuk Pemerintah Desa Sawangan
Bupati Resmikan Pantai Heppii, Wisata Rakyat, Nyaman, Murah Meriah
Bupati Minta Promosi Geopark Kebumen di Gencarkan
Pemkab Kebumen Raih Penghargaan literasi Nasional dari Nyalanesia

Arsip Berita

Data Desa

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2